Setiap memasuki momentum pemilihan kepala daerah atau pesta demokrasi tentunya para kandidat banyak yang berlomba-lomba untuk mengoptimalkan kampanye dengan harapan pesan yang disampaikan bisa tepat sasaran.
Salah satu cara mengoptimalkan kampanye yang banyak digunakan saat ini adalah melalui media sosial (medsos). Menyampaikan pesan kampanye melalui media sosial diyakini bisa membuat semarak demokrasi menjadi tercurahkan secara merata. Kemudahan akses dan kecanggihan teknologi membuat metode ini semakin banyak digemari meskipun juga dibarengi dengan metode konvensional.
Begini Cara Mengoptimalkan Media Sosial untuk Kampanye
Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat kampanye online berjalan dengan optimal. Di antaranya yaitu;
1. Manfaatkan Berbagai Fitur yang Tersedia pada Platform Media Sosial
Setiap media sosial tentunya memiliki cara tersendiri dalam menawarkan keunggulannya. Hal ini bisa berupa kelengkapan maupun kecanggihan dari fitur-fiturnya. Dengan kelebihan ini, Anda bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan kampanye.
Gunakan fitur-fitur yang ada sebagai penunjang dan jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan serta target pemilih yang hendak disasar.
2. Suguhkan Konten yang Menginspirasi dan Mengedukasi
Media sosial tentunya merupakan sebuah ranah yang bisa diakses oleh siapapun, dimanapun dan juga kapanpun. Oleh sebab itu, para kandidat harus lebih cermat dalam menggunakannya. Selagi Anda menggencarkan pean-pesan kampanye dan orasi politik lainnya, maka tidak ada salahnya sesekali Anda membagikan konten yang menarik, inspiratif, dan edukatif kepada para pengguna media sosial.
Isi konten juga harus berorientasi kepada feedback dari para pemilih tertarget. Feedback ini biasanya dapat berupa like maupun komentar pada konten terkait. Ketika feedback ini tidak dapat tercapai, maka konten yang Anda unggah kemungkinan belum bisa menarik atau menggiring respon audiens. Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan kalimat persuasif dalam konten Anda. misalnya mengajak audiens untuk memberikan tanggapan ataupun memberikan pertanyaan yang kemudian dapat membuat audiens tertarik untuk menjawabnya.
Kampanye yang bersifat edukatif dan inspiratif dari masing-masing kandidat juga dapat menjadi salah satu wujud kontribusinya dalam membantu pemerintah untuk memenuhi target partisipan dalam pilkada yang nanti akan diselenggarakan.
3. Mempererat Relasi dengan Pemilih Tertarget melalui Media Sosial
Sebuah hasil riset dari Intrans (Institute for Transformation Studies) menerangkan bahwa dalam kegiatan kampanye, sarana yang lebih efektif untuk digunakan oleh partai politik maupun kandidat kepala daerah adalah media sosial.
Hal ini dikarenakan saat gagasan atau ide dari kandidat kepala daerah disampaikan melalui media sosial maka, mereka dapat langsung memperoleh respon dari para audien. Selain itu, potensi untuk usaha untuk memperkuat intensitas interaksi antara kandidat kepala daerah dengan pemilih tertarget pun juga bisa maksimal.
Relasi yang tercipta dari intensitas interaksi yang kuat antara calon kandidat dengan pemilih tentunya akan memungkinkan kesuksesan pilkada nantinya semakin tinggi.
Kelebihan Media Sosial sebagai Alat untuk Melakukan Kampanye Masa Kini
Sebagai sarana untuk mengoptimalkan kampanye pilkada, media sosial memiliki cukup banyak kelebihan, yang di antaranya yaitu;
1. Dapat Memberikan Kemudahan Akses
Para calon kandidat pilkada dapat diuntungkan dengan kemudahan berinteraksi melalui media sosial. Kampanye online melalui media sosial juga terbilang lebih efisien jika dibandingkan dengan kampanye secara trandisional atau door to door, brosur, dan peliputan media cetak maupun televisi.
Pemanfaatan media sosial dalam kampanye pilkada juga dapat memicu adanya ruang diskusi secara terbuka sehingga antara calon kandidat pilkada dengan masyarakat dapat saling menghidupkan komunikasinya.
2. Mudah Dijangkau oleh Semua Kalangan
Jumlah pengguna media sosial lambat laun semakin bertambah. Hal ini artinya, potensi kesuksesan kampanye online yang dilakukan juga semakin meningkat. Jangkauan luas yang dimiliki oleh metode ini sepenuhnya juga bisa memangkas besaran biaya yang harus dikeluarkan saat kampanye konvensional.
Beberapa platform media sosial seperti instagram, youtube, facebook, dan twitter tidak memakan biaya yang besar dalam penyebarluasan materinya. Kelengkapan fiturnya, kemudahaan penggunaan, dan area jangkauan yang luas merupakan 3 hal utama yang menjadi keunggulan dari media sosial.
3. Fungsi Keterhubungan Sangat Tinggi
Media sosial mempunyai fungsi keterhubungan yang cenderung sangat tinggi, sehingga para pengguna yang berada di dalamnya bisa saling berkomunikasi denga intens satu sama lain. Para pemilih juga bisa langsung bertanya kepada calon kandidat, dan sebaliknya para kandidat juga bisa langsung memeberikan respon kepada pemilih.
Selain itu, konten yang diunggah oleh calon kandidat pada media sosial juga dapat dibagikan oleh para pengguna lain. Penyebarluasan konten atau informasi yang sangat mudah ini, tentu akan membuat kegiatan kampanye menjadi lebih efektif.
Pesan yang disampaikan dalam kampanye juga dapat disesuaikan dengan kondisi demografis dari para pemilih tertarget sehingga akan lebih terarah dan tepat pada sasaran. Aktivitas pada media sosial seperti memberikan komentar, mengirim pesan, atau memberikan reaksi pada konten merupakan wujud dari keikutsertaan pengguna dalam ruang diskusi virtual.
Dalam mengoptimalkan kampanye pilkada melalui media sosial, calon kandidat bisa mengawali membuka forum dengan membagikan konten maupun mengajak para calon pemilih untuk memberikan respon.
Selain para calon kandidat dan partai politik, para pendukung paslon juga bisa membantu mengoptimalkan kampanye di media sosial dengan ikut serta menghidupkan ruang diskusi publik yang telah dibuat.
Komunikasi yang terbangun harus bersifat dua arah, tidak bersifat anarkis, dan tetap berpedoman pada kode etik yang ada.
Mengoptimalkan kampanye pilkada baik melalui media sosial maupun konvensional harus dilakukan secara maksimal, supaya hasil akhir yang dicapai pun juga dapat memenuhi ekspektasi yang diharapkan.
Apakah Kamu Ingin Bisa Membuat Video Promosi yang Keren
Ciptakan tren terbaru lewat video promosi dengan animasi yang unik, menarik dan menyentuh hati calon pelanggan Anda. Layanan: Video Animasi Explainer & Video Pemasaran
KLIK ORDER VIA WHATSAPP NOW
LIHAT CONTOH GIF BERIKUT